Other Information Header Logo
Link Bulet di Header Enjoy our Service
Link Bulet di Header Jakarta Mencari Juara
Link Bulet di Header Special Offer
Link Bulet di Header Trinity
Link Bulet di Header Job Opportunity
Link Bulet di Header Customer Care
IRAMA MUSIK TERBAIK Di Dunia Adalah Kasih Sayang Yang Mengalun Dalam Sebuah Pernikahan..... Rangkaian KASIH SAYANG Dalam Sebuah Keluarga Telah Membentuk Suatu MUSIK PERNIKAHAN.
ARTICLES 7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan 7 lbmp

ARTICLES

7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan

7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan

Monday, 18 October 2021
Pemersatuan dua pribadi Heterogen yang berbeda jenis kelamin, berbeda sifat dan karakter, berbeda pola pikir dan cara mengambil keputusan adalah dengan suatu hubungan sakral yang dinamakan PERNIKAHAN.

Tentu semua perbedaan antara dua pribadi ini sangat dipengaruhi oleh dua latar belakang keluarga yang berbeda. Oleh sebab itu pernikahan bukan saja menyatukan dua pribadi, namun juga merupakan PEMERSATUAN DUA KELUARGA YANG BERBEDA.

Karena mempersatukan dua keluarga bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu persiapkan pernikahan harus dipersiapkan dengan cermat dan efektif, agar jangan sampai menimbulkan hal-hal yang dapat melukai perasaan dan pikiran dari masing masing keluarga.

Setelah tanggal dan waktu acara ditetapkan oleh keluarga besar, berdasarkan pemikiran tersebut, pada kesempatan ini kami membagikan Tips mengenai,

7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan

A. Tentukanlah Budged Pernikahan.

Walaupun uang bukanlah masalah bagi keluarga kita, namun menentukan budged akan membuat kita jadi tidak salah memilih gedung resepsi, Wedding Organizer, Bridal, Dekorasi dan Entertainment pernikahan yang akan membantu melayani dalam pernikahan kita.
budged yang tidak akurat, akan membuat resiko pengeluaran diluar prediksi jadi semakin besar presentasinya dan akhirnya ini akan membuat masing-masing keluarga besar dapat berasumsi negatif dan menaruh prasangka terhadap kematangan sikap dan pola pikir si kedua mempelai.
Tentukanlah :
- Berapa Total nilai uang yang akan disiapkan untuk pernikahan
( Pesta Pernikahan : Resepsi di Hotel / Gedung, WO, Bridal, Dekorasi, Entertainment Pernikahan, Photo & Video Liputan dan Pre Wedding, dan hal-hal lain yang tidak sedikit pengeluarannya)
- Rumah Keluarga Baru : Beli / Sewa, Biaya Renovasi, Perabot Rumah Tangga, Peralatan Rumah di Kamar Pengantin, dll.

** Hindari berhutang, karena ketika kita memiliki keluarga yang baru, akan ada banyak pengeluaran yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. hutang akan membuat kita semakin rumit menjalankan keuangan dalam keluarga.

B. Tentukan Ruang Resepsi / Pemilihan Wedding Organizer

Sebenarnya untuk vendor yang perlu kita tentukan pertama, pilihannya adalah Ruang Resepsi terlebih dahulu atau mencari Wedding Organizer terlebih dahulu.
Jika dari awal kita sudah dibantu dengan konsultasi terlebih dahulu dengan Wedding Organizer, maka resiko kita salah memilih ruangan (faktor budged) lebih dapat diminimalisir.
Tentukanlah :
- Berapa Undangan yang akan kita sebar / Berapa Jumlah Tamu Undangan yang kita
prediksi akan hadir saat resepsi. Hal ini penting, supaya jumlah kehadiran
sesuai dengan besar ruangan resepsi yang kita mau tentukan.
- Ballroom Hotel / Ballroom di Gedung.
Dengan Budged yang telah ditentukan diawal, Tentu akan menjadi acuan dalam
memilih hal tersebut. Kita ketahui dengan memilih resepsi di hotel, maka biaya
resepsi tentunya akan semakin tinggi.
- Berapa Tinggi Ruangan Resepsi yang akan kita pergunakan.
Makin tinggi sealing ruangan resepsi kita, tentu akan membuat ruangan semakin
terlihat mewah. Namun biaya dekorasi pelaminan, biaya Sound System dan
Entertainment Pernikahannya pun tentu akan makin tinggi, ini perlu dipikirkan.

** Walau Uang bukan masalah, namun pertimbangkanlah, berani menyelenggarakan resepsi yang sederhana, justru seringkali malah membawa penilaian para undangan menilai kita, bahwa kita adalah pribadi yang cermat, rendah hati dan tidak sombong.

C. Memilih Bridal / Sanggar Rias Pengantin

Ini adalah langkah ketiga, setelah kita menentukan lokasi resepsi dan WO yang dapat membantu kita.
Bridal / Sanggar Rias biasanya dipilih dikawasan yang sejalan dengan lokasi penjemputan Mempelai Wanita (agar tidak terlalu jauh, menimbang lalu lintas yang padat). atau bisa juga yang dekat dengan lokasi Pemberkatan / Akad / lokasi resepsi.
Walau ada pertimbangan lokasi, pertimbangan gaun yang paling disukai oleh Mempelai Wanita juga hal yang sangat penting. Lalu yang berikutnya adalah apakah teknologi Make Up / Rias Pengantin dari vendor tersebut memenuhi selera mempelai atau tidak.

D. Tentukan Vendor Dekorasi & Entertainment Pernikahan

Karena menyangkut persiapan di lokasi penyelenggaraan resepsi, kedua vendor pendukung ini wajib kita tentukan sejak awal (kembali lagi mengacu pada penyesuaian budged).
Tentukanlah :
- Bagaimana Model Dekorasi Pelaminan yang paling sesuai, tentukan nuansa Warna yang kita suka, kemudian kita pilih ornamen dan properti dekorasi yang sesuai dengan dekorasi pelaminan yang telah kita pilih (Wedding Gate, Standing Flower, Tree Decoration, Mini Garden, Dekorasi Meja Penerima Tamu, Mini Photo Gallery, dll).
** Jangan sampai tergiur oleh impian berlebihan, sehingga itu akan membuat kita jadi over budged di vendor dekorasi.
- Pilihlah Vendor Entertainment yang terbaik.
Vendor ini seperti vendor WO yang dapat menemani kita dalam persiapan pernikahan, jadi kenyamanan dalam berkomunikasi dengan vendor ini adalah hal utama, karena bersama vendor Entertainment kita dapat berinteraksi banyak perihal Rundown Acara Resepsi yang Spektakuler ( MC ) dan juga rundown dari pagi hari jika diperlukan. Pastikan mereka adalah Entertainer yang berpengalaman di bidang pernikahan, karena berbeda dengan Entertainer dalam bidang yang lain.
Konfigurasi Musik yang utuh akan mempengaruhi resepsi yang nyaman bagi semua tamu undangan.

E. Tentukan Lokasi Photo dan Video Pre Wedding

Meskipun Trend Photo & Video Pre Wedding saat ini dilakukan di Outdoor, namun kita yang paling tau apa yang kita butuhkan. sesuaikanlah budged kita, karena makin banyak hasil foto yang kita pilih nanti, akan membuat semakin mahal biaya tambahan yang perlu kita keluarkan.
Tentukanlah :
- Dimana lokasi Pre Wedding kita
- Lakukan Sesi Photo & Video Pre Wedding paling lambat 2 bulan sebelum resepsi
- Pemilhan hasil foto 1 Minggu setelah foto sesi. (makin banyak foto yang kita pilih,
......... awas over budged !! )
- Foto kanvas selesai cetak 1 bulan sebelum resepsi (sesuaikan waktunya)

F. Pemilihan Vendor Perlengkapan Pernikahan Lainnya

Dalam tahap ini urutannya dapat kita lakukan sesuai kondisi masing-masing. Namun tetap harus dilakukan dengan time line yang benar.
Tentukanlah :
- Vendor Photo & Video Liputan Hari H.
Bukan hanya cari yang paling murah, karena nama besar vendor ini juga perlu dipertimbangkan. Berapa lama mereka sudah ada di industri pernikahan (saran : pilihlah yang sudah diatas 5 tahun), mengingat banyak sekali vendor photography yang tidak bertanggung jawab, hilang tak dapat dihubungi, tanpa memberikan hasil liputan kepada para pengantinnya.
Jangan terkecoh dengan diskon besar dan bonus bonus, jangan terkecoh dengan hanya melihat hasil editing dan album yang bagus, karena di era digital adalah sangat mudah saling mengcopy / meniru hasil kreasi orang lain.
- Vendor Jas Pengantin Pria
Pilihan model yang terlalu glamor akan membuat jas sulit dipakai kembali dalam acara lain setelah pernikahan. jika memang harus glamor, pilihlah model yang bisa lepas pasang asesorisnya, sehingga selesai resepsi, jas pengantin siap dipakai untuk kerja atau pun datang ke acara resmi / penting lainnya.
Bahan Jas Wool akan membuat harga jas semakin mahal. Wool di tenun sangat rapat sehingga memakai bahan wool akan membuat badan kita lebih hangat, namun jika di pakai di ruangan yang kurang dingin......., siap-siap keringatan ya.
Pilihan bahan yang tebal dan sedikit kaku, akan membuat model jas kita jadi sangat bagus dipakai di badan. (percaya deeehhh, saya pengalaman dlm hal ini... hehehe..)
Pilihan Jas Pengantin saat ini tidak cuma Hitam pekat, kini ada pilihan Silver, Putih dan juga biru pekat.
** Agak sulit mendapatkan hasil jahitan yang baik bagi Pria yang terlalu gemuk, terlalu kurus dan postur badan yang agak bongkok dan jika kurang tinggi.
- Vendor Kue Pengantin
Hitung jumlah kue keluarga yang perlu kita bagikan kepada pihak keluarga besar, lalu baru tentukan design / model kue yang kita suka ( karena biasanya beberapa model sudah berikut paket dengan jumlah kue keluarga yang telah ditentukan )
jangan lupa warna hiasan kue dibuat senada dengan thema warna dekorasi pelaminan, karena posisi kue pengantin ada pada bagian dari pandangan searah dengan pelaminan.
- Vendor Kartu Undangan & Souvenir
Tentukan ukuran kartu undangan dan souvenir yang kita inginkan, karena jika mengacu pada model, kita akan merasa bingung dengan semua model yang terlihat bagus untuk dipilih. ukuran undangan dan souvenir yang telah ditentukan akan mengerucutkan jumlah pilihan.
Jangan kaget jika menemukan untuk suatu model yang hampir sama bentuk dan ukurannya, namun dengan vendor yang berbeda, harganya bisa selisih jauh (lebih mahal karena faktor design tersebut merupakan design baru bagi salah satu vendor).
Jangan sampai kita salah pilih, cek dulu pada beberapa vendor.
** biasanya jumlah souvenir yang dipesan, jumlahnya dilebihkan 10% lebih banyak dari jumlah kartu undangan (antisipasi).
- Vendor Mobil Pengantin ( Jika belum paket Bridal )
Toyoya Alphard memang sedang trend dan funsional karena kabin yang lapang. Namun saat ini karena semua pengantin menggunakan Alphard, maka kesannya menjadi kurang unik dan berkesan. kembali pada Sedan Mercedes (ada Sunroof) atau Jaguar / Sedan Limousine mungkin dapat menjadi pertimbangan.
- Make Up Artis Untuk Keluarga
Siapa sajakah pihak keluarga yang memerlukan makeup artis saat dari pagi dan saat resepsi (makeup sore). Jumlah orang yang di make up, akan mempengaruhi jumlah make up artis yang diperlukan (karena mengacu pada faktor waktu saat penjemputan pagi hari, pemberkatan / akad dan juga waktu resepsi saat malam hari)

G. Persiapkan Perlengkapan Internal

Meskipun langkah ini dituliskan terkahir, bukan berarti paling tidak penting, ini hanya bermaksud karena semua hal yang ditentukan di point ini tidak perlu dtentukan dengan date line waktu yang mendesak, karena kedua belah keluarga besar bisa dengan tenang untuk menentukannya
Tentukanlah :
- Dress Code Keluarga Besar ( Warna, Bahan, Model, Penjahitnya )
- Peralatan Seserahan / Lamaran / Sang Jit
- Nilai Emas Kawin / Uang Susu.
- Isi perabotan kamar pengantin
- dan hal-hal lain yang diperlukan oleh keluarga besar sebagai bagian dari adat istiadat masing-masing keluarga.

inilah 7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan kita. Mungkin tidak tertuliskan semua hal karena keterbatasan tempat penulisan. Namun kiranya tulisan ini dapat membantu para calon pengantin yang baru mulai melangkah dalam mempersiapkan pernikahannya.

Shalom,
Lia
Lastest ARTICLES
Pernikahan Berbeda Agama Pernikahan Berbeda Agama ?
14:39 Monday, 18 October 2021
Beberapa orang berpikir bahwa modal utama dalam suatu pernikahan adalah CINTA.
Segelintir orang nekad berpendapat bahwa Cinta sanggup menerjang badai apapun,
Apakah pendapat ini benar ?
7 Langkah Besar Mempersiapkan Pernikahan
15:00 Monday, 18 October 2021
Pemersatuan dua pribadi Heterogen yang berbeda jenis kelamin, berbeda sifat dan karakter, berbeda pola pikir dan cara mengambil keputusan adalah dengan suatu hubungan sakral yang dinamakan PERNIKAHAN.
Spirit Of Excellence
14:51 Wednesday, 24 January 2018
Serve With Our Spirit Of Excellence
Excellence mengartikan hasil yang sempurna.
Excellent juga memiliki arti suatu nilai yang berada diatas rata-rata,
sehingga Excellent menjadi sebuah kata yang ditakuti oleh banyak orang.